Si “Taksi” Jagoan Drag Race

Indonesia Drag – Toyota Limo selama ini dikenal sebagai mobil taksi. Citra mobil taksi yang kadung melekat di Limo itu ingin diubah pemilik Toyota Limo Rizky Basworo. Karenanya ia merombak penampilan Toyota Limo miliknya supaya mirip dengan saudara kembarnya yakni Toyota Vios.

Dalam memodifikasi Limo, Rizkybas, panggilan akrab Ketua Umum Toyota Soluna Vios Club ini, menggunakan pengalamannya saat memodifikasi Toyota Vios tahun 2006. Aliran adrenalin memang telah digandrungi Rizkybas sejak masih duduk di bangku sekolah.

Satu set jeroan berkode 1NZ-FE original Toyota Limo/Vios lansiran tahun 2004 yang terkenal bertenaga namun tetap irit langsung di-upgrade.

Opsi yang dia lakukan antara lain dengan memasang open air filter, pemasangan throttle body dari Corolla Altis, mengganti sistem exhaust dari mulai header sd muffler, hingga penggantian gearbox dan transmisi yang didesain khusus (custom) untuk trek lurus sepanjang 402 meter.

Bagian silinder juga dijamah Rizkybas. Porting dan Polish pada saluran intake dan exhaust serta memapas kepala silinder sebesar 0,6 mm dilakoni punggawa Toyota Soluna Vios Club (TSVC) ini. Hasilnya dari tes Dynamometer Sigma Speed di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, tenaga “taksi” Rizkybas meningkat dari 109 HP pada 6500 rpm, menjadi 141,3 HP dengan torsi sebesar 176,5 Nm.

Urusan kelistrikan juga menjadi perhatian Rizkybas. Busi diganti dengan jenis Iridium, Piggyback Dastek Unichip Type C dengan Launch Control dan dengan modul limiter dipercaya mampu mengatur putaran dan tenaga mesin dengan asupan tiap bahan bakar. “Idenya bisa kencang tetapi tetap irit,” menurut pria 33 tahun tersebut.

Dengan ubahan mesin yang sederhana, Toyota Limo berkelir Silver ini sanggup mengantarkan Rizkybas naik podium juara 1 dan berprestasi pada Dragrace 402 meter Sirkuit Sentul yang diselenggarakan oleh D3 Achilles Corsa 2011 pada 12 Desember lalu di kelas 1500 FWD Challenge (kelas city car yang kapasitas mesinnya dibatasi hingga 1500cc dan wajib menggunakan satu merk ban) dengan mencatat waktu terbaik 15.938 detik pada jarak tempuh 0-402 meter.

Berikut spesifikasi mesin Limo ala Rizkybas:

Mesin :
1NZ-FE Stock Engine, Porting & Polish, Slip Cylinder Head 0.6mm, Header 4-1 custom, Muffler Daytona, Busi Volker Iridium, Open Air Filter, Throttle Body Corolla Altis, Piggyback Dastek Unichip type C, pengurangan bobot Fly Wheel 30%.

Transmisi :
Gearbox Starlet GT Turbo, Final Gear custom, LSD 1 way, Starlet 2E Clutch.

Kaki-kaki :
Velg Rays Engineering TE37V & SSR type C ukuran 15 inch, Ban GT Radial Champiro SX1, suspensi standar custom.

Eksterior :
Headlamp Vios 2003, Backlamp LED Esdepo, List body samping Vios 2003, Bilion Air Tunnel, Ducktail.