Surabaya Menjadi Tuan Rumah Kejurnas Drag Race 2012 Seri Pertama

Indonesia Drag – Kota Surabaya dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Race 2012 seri pertama. Ajang yang menjadi kalender Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini dijadwalkan berlangsung di lintasan lurus Patai Ria Kenjeran, Surabaya, Sabtu-Minggu (14-15/4) nanti.

Kabid Olahraga Pengprov IMI Jatim, Bambang Haribowo mengatakan, ajang drag race direncanakan digelar sebanyak empat seri. Untuk seri pembuka akan dihelat di Surabaya dan pelaksanaanya dibarengkan dengan event drag bike (roda dua) milik klub Bols Automotif Club yang merupakan seri kedua.

“Drag Race akan kita mulai hari Sabtu pukul 16.00 WIB sampai selesai. Sedangkan drag bike baru digelar Minggu pahi sampai sore,” kata Bambang, Rabu (11/4/2012).

Dia menjelaskan, ajang Kejurnas ini memperebutkan hadiah total sebesar Rp 140 juta. Hadiah sebanyak itu, rinciannya untuk drag bike Rp 80 juta dan drag race senilai Rp 60 juta.

“Kami berharap dengan event nasional ini, pembalap dari berbagai daerah di tanah air akan datang ke Surabaya,” harap Bambang. Dia menargetkan, untuk Kejurnas drag race bisa mencapai 250 starter. Sedangkan drag bike mencapai 300 starter. Khusus untuk drag bike akan ada tambahan nomor baru, yakni kelas bebas.

Menurut Bambang Kejurnas drag race kali ini cukup bergengsi. Sebab, event ini akan menentukan siapa pembalap terbaik Indonesia yang diakui oleh PP IMI. Pembalap-pembalap terbaik nasional dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Manado, Makassar dan Bali bakal unjuk kebolehan. Sedangkan untuk balapan drag bike, para peserta masih harus bersaing merebut juara total seri 2012 dan berhak atas hadiah uang. Perebutan poin akan ditentukan panitia, yakni di tiga kelas utama bebek 4 tak
tune up 200 cc, sport 2 tak tune up 155 cc dan matic 200 cc.

“Ada 14 kelas yang dilombakan di dragbike termasuk 3 kelas utama tersebut,” pungkas Bambang.